5 Film Mengenai Sejarah Indonesia

Sunday, 10 January 2021

Sejarah Indonesia sering kali dilupakan oleh warganya sendiri, padahal Indonesia mempunyai sejarah yang sangat panjang. Tapi mungkin hal ini terjadi dikarenakan cara penyampaiannya yang berbelit-belit sehingga tidak mudah diterima oleh setiap orang. Oleh sebab itu, mungkin cara yang paling baik untuk menceritakan sejarah adalah melalui media film. Bagi mereka yang cepat bosan dengan sejarah, narasi yang diberikan secara audiovisual dapat menjadi alternatif yang bagus untuk dapat menikmati sejarah Indonesia.

Ir. Soekarno saat memproklamasikan kemerdekaan Indonesia
Ir. Soekarno saat memproklamasikan kemerdekaan Indonesia

Film-film layar lebar berlatar belakang sejarah yang sebelumnya pernah diputar di bioskop di Indonesia dapat menjadi wadah untuk memperluas wawasan pengetahuan Anda tentang Indonesia. Tidak sempat menonton? Tidak perlu khawatir karena film-film tersebut dapat anda tonton melalui beberapa aplikasi streaming yang tersedia di play store untuk pengguna android atau app store untuk pengguna iOS seperti Netflix, Iflix, Catchplay, dan lain sebagainya.

Berikut beberapa film bertema sejarah Indoensia yang dapat Anda tonton melalui aplikasi streaming:

Soekarno: Indonesia Merdeka (2013)

 Ir. Soekarno yang diperankan oleh Ario Bayu
Ir. Soekarno yang diperankan oleh Ario Bayu

Disutradarai oleh Hanung Bramantyo, Soekarno: Indonesia Merdeka adalah film biopik mengenai presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno sebagai proklamator bangsa yang berjuang dengan nasionalismenya untuk merebut kemerdekaan dari para penjajah. Film ini dibintangi oleh Ario Bayu sebagai Ir. Soekarno, Maudy Koesnaedi sebagai Inggit Garnasih, Lukman Sardi sebagai Mohammad Hatta, Tanta Ginting sebagai Sutan Sjahrir, dan Ferry Salim sebagai Sakaguchi.

Guru Bangsa: Tjokromaninoto (2015)

Akting Reza Rahardian saat memerankan H.O.S Tjokroaminoto
Akting Reza Rahardian saat memerankan H.O.S Tjokroaminoto

Pada tahun 1912, Oemar Said Tjokroaminoto atau yang lebih kita kenal dengan H.O.S Tjokroaminoto ikut mendirikan Partai Sarekat Islam untuk melawan ketidakadilan yang terjadi pada masa penjajahan Kolonial Hinda Belanda. Film yang disutradari oleh Garin Nugroho ini dibintangi oleh Reza Rahadian sebagai H.O.S Tjokroaminoto, Christine Hakim sebagai Mbok Tambeng, dan Didi Petet sebagai Haji Hasan diadaptasi dari kehidupan dari seorang pahlawan nasional yang berjuang untuk kemerdekaan dari perspektif pendidikan dan kepercayaan.

Kartini (2017)

Dian Sastrowardoyo sebagai R.A Kartini
Dian Sastrowardoyo sebagai R.A Kartini

Film Kartini yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo ini merupakan film yang diadaptasi dari kehidupan Raden Adjeng Kartini, seorang pahlawan wanita yang memperjuangkan emansipasi untuk kaum perempuan di Indonesia. Sepanjang perjalanan hidupnya, Kartini berjuang untuk menyetarakan hak bagi semua orang baik ningrat ataupun bukan. Terutama hak pendidikan untuk perempuan, Bersama kedua saudarinya yang bernama Roekmini dan Kardinah, Kartini berjuang mendirikan sekolah untuk kaum miskin dan menciptakan lapangan pekerjaan bagi semua masyarakat Jepara. Tokoh Kartini sendiri diperankan oleh Dian Sastrowardoyo.

Gie (2005)

Aktor Nicholas Saputra sebagai Soe Hok Gie
Aktor Nicholas Saputra sebagai Soe Hok Gie

Film ini terinspirasi dari kisah nyata dari aktivis yang bernama Soe Hok Gie yang mengalami kebangkitan politik selama pergejolakan pada masa pemerintahan Soekarno dan Soeharto. Film ini didasari dari buku yang ditulis oleh Soe Hok Gie sendiri yang berjudul “Catatan Seorang Demonstran”. Disutradarai oleh Riri Riza, tokoh Soe Hok Gie diperankan oleh aktor ternama Indonesia Nicholas Saputra, selain itu Wulan Guritno, Lukman Sardi, dan Indra Birowo juga ambil bagian dalam film ini. Film Gie meraih beberapa nominasi dan penghargaan pada ajang Piala Citra FFI tahun 2005.

Bumi Manusia (2019)

Iqbaal Ramadan sebagai Mingke dan Mawar de Jongh sebagai Annelies
Iqbaal Ramadan sebagai Mingke dan Mawar de Jongh sebagai Annelies

Film Bumi Manusia diadaptasi dari sebuah Novel yang ditulis oleh penulis terkenal Pramoedya Ananta Toer yang bercerita tentang Mingke yang merupakan seorang bangsawan Jawa yang jatuh cinta kepada Annelies seorang wanita keturunan Belanda saat Indonesia merdeka dari penjajah. Hal ini Cerita nonfiksi yang menggambarkan sejarah orang-orang Indonesia yang berjuang melawan kolonialisme. Film ini dibintangi oleh Iqbaal Ramadhan, Mawar de Jongh, dan Donny Damara.Film ini juga masuk nominasi dan memenangkan beberapa kategori ajang penghargaan film.

Selain film-film tersebut, sebenarnya masih banyak lagi film-film yang mencerminkan sejarah Indonesia, seperti film animasi Battle of Surabaya (2015), Soegija (2012), trilogi Merah Putih (2009). Jadi, film bertema sejarah Indonesia yang mana yang menjadi favorit Anda? Tapi harus diingat, jangan mendukung pembajakan, tontonlah melalui aplikasi streaming atau video-on-demand lainnya. Dengan menonton melalui saluran yang resmi, maka kita sudah mendukung kreativitas sineas Indonesia.


Share this Article

/uploads/user/avatar/7/bebas-square-3.jpg

Bebas Aja

Bebas Aja selalu berusaha menghadirkan bacaan ringan yang memberikan informasi dan rekomendasi mengenai tempat wisata, kuliner, gaya hidup, event, dan hal lainnya yang menarik


NEWSLETTER

Dapatkan inspirasi seputar travel, kuliner dan lain lain di BEBASAJA.