Berburu Koleksi Vinil di Jakarta

Thursday, 8 April 2021

Long Play (LP) atau Vinyl adalah media penyimpanan suara analog yang diperkenalkan di Kolombia pada tahun 1948. LP menjadi format standar untuk album rekaman musik hingga akhir 80an yang akhirnya popularitas tergantikan oleh kaset dan CD. Namun, popularitas vinil kembali meningkat sekitar tahun 2007 karena banyaknya musisi internasional yang kembali menggunakan format tersebut. Bahkan grup musik indie ternama Indonesia, White Shoes and the Couples Company, juga seringkali merilis single dan album mereka dalam format vinil.

Berburu Koleksi Vinil di Jakarta
Ilustrasi vinil

Meskipun di masih cukup langka, rekaman Vinil klasik dapat ditemukan di beberapa toko di Jakarta. Berikut daftar beberapa toko yang menjual vinil, baik offline maupun online.

Monka Magic

Berdiri sejak tahun 2010, Monka Magic merupakan surga vinil. Mereka memiliki koleksi yang cukup banyak, mulai dari musisi indie hingga vinil dari grup musik internasional yang telah direstorasi. Tak hanya itu, mereka juga menjual turntable dan barang-barang menarik lainnya untuk dikoleksi.

Kims Varia

Kims Varia diciptakan oleh Gunawan Suhadi sebagai bentuk kecintaannya terhadap musik Indonesia. Dan tempat ini dapat menjadi tujuan bagi mereka yang ingin mencari koleksi vinil antik dari tahun 70an hingga 80an.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kims Varia (@kimsvaria)

Musikamar

Bagi yang mencari rekaman vinil baru dari artis internasional dan lokal, Musikamar dapat menjadi pilihan tepat. Karena selain menjual koleksi vinil antik, mereka juga menjual koleksi vinil dari artis-artis baru, seperti Mocca, Lorde, atau Lana Del Rey.

33rpm

Di 33rpm, pengunjung dapat menemukan koleksi vinil dari artis tahun 70-an hingga 90-an. Di tempat ini juga mungkin terdapat harta terpendam bagi para kolektor.

Piringan Hitam Record Store

Berlokasi di Senayan Trade Center, Piringan Hitam Record menyediakan beragam pilihan vinil baik klasik, seperti The Beatles, Bob Dylan, atau Chuck Berry, hingga yang rilisan modern, seperti vinil soundtrack dari film La La Land.

Ragtime Records

Sama seperti kebanyakan toko vinil di Jakarta, Ragtime Records juga menyediakan koleksi dari musisi-musisi terkenal baik lama maupun baru. Namun toko ini memiliki keunikan tersendiri, yaitu lebih banyak menjual koleksi jazz, blues, hingga R&B dari musisi-musisi Afrika-Amerika pasca tahun 90-an.

 


Share this Article

/uploads/user/avatar/8/Dandi-Amirullah.jpg

Dandi Amirullah

Mantan anak band jejepangan yang mulai bersahabat dengan koyo, counterpain, dan sejenisnya. Doyan makan, suka nge-game, nonton film, dan ngurus anak


NEWSLETTER

Dapatkan inspirasi seputar travel, kuliner dan lain lain di BEBASAJA.